Kamis, 07 April 2011

15 Penemuan yang Mengubah Dunia

Sebagian besar aplikasi ilmu dan teknologi diawal abad 21 merupakan hasil penemuan mutakhir di abad 20. Sepanjang abad 20, telah terjadi perubahan teknologi yang sulit dibayangkan sebelumnya, terutama teknologi transistor pada tahun 1950-an yang berkembang menjadi prosesor hingga chip-chip super kecil yang terpasang pada berbagai aplikasi canggih. Belum lagi teknologi nuklir yang membawa Amerika menjadi negara Superpower hampir selama 1 abad yang sebelumnya dipegang oleh Kerajaan Inggris di abad 18 dan 19. Ada begitu banyak penemuan-penemuan ilmu dan teknologi yang telah mengubah dunia yang “kuno” pada awal abad 20 menjadi dunia serba canggih di abad 21. Apa saja penemuan teknologi yang telah mengubah ini?

Meskipun ada begitu banyak penemuan terutama teknologi baru, maka pada kesempatan ini saya hanya akan memilih 15 penemuan yang mengubah dunia. Berikut 15 penemuan penting dunia :


  1. Listrik
    Dasar dari semua teknologi adalah listrik, begitu banyak alat yang diciptakan berhubungan dengan listrik. Tapi bapak penemu listrik pertama adalah Michael Faraday, yang 
    menemukan bahwa bila magnet dilalui sepotong kawat, arus akan mengalir di kawat, sedangkan magnet bergerak. Keadaan ini disebut "pengaruh elektromagnetik" dan penemuan ini disebut "Hukum Faraday".
  2. Elektronika (ie. transistor dan IC)
  3. TV dan Radio
  4. Teknologi Nuklir
  5. Alat Transportasi
  6. Komputer
  7. Internet
  8. Pesawat Terbang
  9. Telepon dan Seluler
  10. Rekayasa Pertanian dan DNA (termasuk kloning)
  11. Teknologi Luar Angkasa (ie. satelit dan spacecraft)
  12. Rekayasa Material (eg. material bangunan dan kerangka mesin)
  13. Teknologi Kesehatan (eg. laser, IR, USG)
  14. Fiber Optic
  15. Teknologi Peralatan dan Perlengkapan Rumah Tangga
Dari kekuatan supranatural, kini paradigma manusia mulai lari ke dunia “serba sains dan teknologi” terutama di negara maju dalam teknologi dan rekayasa sains. Namun selain kegemilangan teknologi, bumi dan dunia butuh penyimbang yakni gerakan moral yang salah satunya adalah Back to Green Nature yang sering dilupakan oleh manusia.

1 komentar: